jump to navigation

Etika bergaul +0000k292008bUTCTue, 19 Feb 2008 05:45:18 +0000 18, 2007

Posted by alearch in Serba serbi.
trackback


    Cara tingkah laku seseorang dalam bergaul sangat berperan penting dalam sebuah persahabatan atau dalam hubungan kerja sama, saya mempunyai beberapa teman yang dalam pergaulan sehari-harinya sangat tidak mempunyai etika, meskipun hal kecil namun sangat tidak baik untuk sebagian orang seperti misalnya kentut didepan umum, meludah di sembarang tempat, dan masih banyak lagi. Melihat kondisi teman-temanku yang dominan berperilaku demikian maka saya menulis tips-tips dalam pergaulan di antaranya adalah sebagai berikut :

 

 

BICARA

berbicaraBicara dalam sopan santun yang baik adalah seperlunya saja. Bicara pada pokok-pokok yang sedang di bicarakan saja. Jangan sekali-kali membicarakan kejelekan orang lain atau kejelekan keluarga didepan banyak orang apalagi didepan orang yang baru kita kenal.Dan jangan bicara keras-keras didalam ruangan yang kecil sehingga sampai didengar oleh orang dari kejauhan. Nada bicara harus selaras dan denga frekuensi yang sedang. Tidak baik berbicara dengan tamu atau teman yang baru kita kenal dengan nada yang keras, cepat dan emosi.

Jangan bicara dengan jalan memotong pembicaraan orang lain,. Biarkan orang lain menjelaskan pembicaraannya dulu, baru mulai kita angkat bicara. Selain itu berbicaralah dengan bahasa yang di mengerti oleh orang yang diajak bicara, jangan menggunakan bahasa atau kata-kata asing yang sukar di mengerti oleh lawan biacara. Bila bicara jagan di sertai tertawa, kalau ada hal yang perlu di tertawakan tertawalah dahulu, kalau sudah baru baru bicara lagi dengan tenang. Bicara sambil senyum penuh keikhlasan adalah sangat baik. Orang bicara untuk di dengar dan di mengerti, dengarkanlah dengan baik setiap ada orang yang mengajak berbicara.

 

MELUDAH

 

Kebiasaan buruk ini masih banyak juga dilakukan oleh orang-orang tertentu, ketahuilah bahwa meludah seolah-olah menghina orang yang berada didekat kita, terlebih-lebih meludah dengan mengeluarkan suara yang tidak sehat sehingga membuat orang lain jijik terutama jika banyak orang yang sedang berkumpul atau sedang dalam situasi makan.

Sekali lagi meludah bukan saja merupakan perbuatan yang menjijikkan tetapi juga perbuatan yang sangat menghina orang, walaupun kita tidak mermaksud menghina orang.

 

KENTUT

 

kentutKalau kentut itu tidak berbunyi dan tidak berbau tidak ada masalah dan tidak perlu dipersoalkan. Tapi kalau berbunyi apalagi menimbulkan bau yang tidak sedap bagiorang lain, lain lagi masalahnya.

Jika merasa kentut dan dipaksa tidak dikentutkan, maka perut menjadi sakit. Untuk itu kalau memang merasa kentut, kentutlah, tetapi ditempat sepi dan jauh orang. Jangan mengentut didekat orang banyak, apalagi pada saat orang makan dan minum.

 

MENGUAP

 

menguapMenguap didepan orang banyak bukan saja tidak sopan, tetapi juga menunjukkan sifat pemalas. Bila terpaksa sekalikuap tidak bisa dicegah, tutuplah dengan telapak tangan anda , atau menunduk sebantar agar jangan tampak,jika perbuatan tampak juga orang-orang disekitarkita, mintalah maaf dengan alasan, misalnya semalam tidak tidur dan sebagainya.

Demikian pula halnya dengan batuk dan bersin.palingkanlah muka ketempat lain Bila kita batuk dan bersin, dan tutuplah mulut dengan sapu tangan.

 

TERTAWA DAN TERSENYUM

 

tertawa lepasTertawalah dengan riang dan bebas, karena tertawa adalah sehat. Tetapi jangan tertawa dibuat-buat, seperti membuka mulut lebar-lebar dan bersuara sangat keras, karena tertawa yang demikian seolah-olah mengejek atau menghina.

Tertawa yang wajar (tidak dibuat-buat) adalah merupakan ungkapan hati yang geli karena sesuatu yang dianggap lucu. Misalnya melihat film komedi atau lawak. Jangan semata-mata mentertawakan orang lain, karena hal ini dapat menyinggung perasaan orang yang bersangkutan.

Senyum memberi pengaruh besar terhadap kehidupan kita. Karena senyum yang wajar (tidak dibuat-buat) adalah merupakan ungkapan yang senang atau bahagia.

Bila kita menghadapi orang lain dengan senyum yang ihklas tidak dibuat-buat (baik itu saat bicara, berjabat tangan atau yang lainnya) maka spontan akan merasa senang dan merasa terhormat.

About these ads

Komentar»

1. li2s - +0000k312008bUTCSat, 01 Mar 2008 21:42:39 +0000 18, 2007

good :) lebih kreatip lagi le bikin tips nya…

2. JUNI - +0000k302008bUTCFri, 13 Jun 2008 20:01:09 +0000 18, 2007

etika bergaul dilingkungan sekolah juga harus per;u diperhatikan dimana siswa kadang-kadang kurang memperhatikan dalam beretika. untuk itu perlu adanya suatu upaya dalam mensiasati para siswa dalam beretika dilingkungan siswa dengan cara :
1. kondisikan siswa agar dapat mengikuti aturan yang telah dibuat
2. beri pengertian atau bimbingan mengenai pentinganya etika tersebut
3. para guru juga harus mendukung sepenuhnya pengondisian etika dalam bergaul para remaja.
4. jangan lupa, jika terjadi pelanggaran beri sanksi atau hukumanyang mendidik agar siswa bukan merasa tidak senang namun ia bisa sadar dan mendapatkan pengalaman yang berharga

3. rio - +0000k302008bUTCSat, 28 Jun 2008 00:53:18 +0000 18, 2007

aku ingin pulang…………..

4. alearch - +0000k312008bUTCSun, 06 Jul 2008 08:59:02 +0000 18, 2007

@JUNI
Maksih ya tambahan n masukan tipsx, tentux sangat bermanfaat.

@Rio
wekzz
mau pulang kmn ne.. kok rada menyimpang dari topik? hehehehehehe

5. Frangky Ulus - +0000k312008bUTCMon, 06 Oct 2008 23:14:41 +0000 18, 2007

ajarin aku bergaul donk….

6. wedha - +0000k312008bUTCThu, 30 Oct 2008 23:30:49 +0000 18, 2007

gimana siih kalo aku pengen ikut gaul

7. alearch - +0000k312008bUTCFri, 31 Oct 2008 19:23:40 +0000 18, 2007

@frangky ulus, wedha.

sifat manusia tdk smua sama, dan sifat itu sangat mempengaruhi pola bergaul seseorang.

selain dari tips diatas, dalam bergaul intinya adalah rasa percaya diri dan bisa masuk dalam semua tema pokok pembahasan pergaulan, walaupun dalam bergaul kita pasif usahakan tetap dalam lingkup pergaulan namun menjadi pendengar yg aktif dengan pertanyaan sampai kita bisa mengerti.

smoga bermanfaat, good luck ya? hehehehe

8. Ryan - +0000k312009bUTCThu, 29 Jan 2009 02:01:45 +0000 18, 2007

Tipsx hrs lbh lgkp n lbh mendetail

9. LAILA - +0000k282009bUTCWed, 18 Feb 2009 20:51:38 +0000 18, 2007

BGUSSSSSSSSSSSSSSS

10. kiki - +0000k312009bUTCWed, 25 Mar 2009 10:05:30 +0000 18, 2007

bergauk itu gampang-gampang susah, bisa cepat, bisa lama untuk kita bisa masuk dalam pergaulan di lingkungan yang baru, apalagi untuk kita yang baru masuk dalam suatu lingkungan katakanlah lingkungan di kantor”karyawan baru”. kita sebagai karyawan baru kadang bagi karyawan yang sudah lama bekerja, menganggap kita adalah bawahan, harus menegur duluan, harus lebih sopan, dan macam macam aturan yang tidak baku harus kita lakukan untuk sekedar membuat si senior merasa harus dihormati, dihargai dan sebutan lainnya yang membuat dialah (senior), yang lebih penting…..tapi kita adalah kita,, saya adalah saya.,.,.saya yang sebenarnya, adalah ya saya ini,.,.,karena kalau kita berpura pura terhadap lingkungan kita, terhadap sesuatu yang selalu kita hadapi, dan selalu kita jumpai, justru membuat suatu pergaulan tidak terlihat tulus dan tidak bisa berjalan dengan keinginan kita.,.,.,.tapi tidak semua lingkungan baru ataupun orang2 di lingkungan baru serasa memojokkan kita,,.hanya segelintir manusia yang tidak pernah bergaul saja yang betindak seperti itu,..ia merasa harus di hormati karena lebih lama bergabung di kantor tsb, ia merasa harus di tegur duluan karena lebih lama jadi karyawan di kantor tsb, dan ungkapan lain yang menggambarkan aku duluan masuk kantor sini kenapa juga akau harus menegur kamu si anak baru,.,.,. kita punya tugas dan tanggung jawab masing -masing..,.dan tugas serta tanggung jawab tsb harus segera diselesaikan dengan tepat waktu, tepat guna dan tepat sasarannya, memikirkan lingkungan baru dengan orang-orang yang sombong tidak ada manfaatnya dengan tugas dan tanggung jawab kerja kita…., bergaul hanya sekedarnya saja.,.,setelah sampai dirumah, kadang sedetik pun kita tidak memikirkan teman kantor kita yang selama 12 jam selalu menemani kita,,.kecocokan dalam pergaulan adalah yang utama, makanya kadang tidak dengan semua orang dlm lingkungan pergaualan, kita bisa cocok,.,. dan yang dekat dengan kita.., yang sering ngobrol dengan kita,.,yang sering makan bareng dengan kita.,.,yang sering ngerokok bareng dengan kita.,., yang sering terlihat orang selalu bersama kita. itulah yang nyetel dengan kita..,itulah yang cocok bagi kita.,.,itulah teman sejati kita dalam dunia kerja.,.,itulah partner kita.,.,.yang lain hanya peran pengganti..,yang lain hanya meramaikan suasana saja.,.,yang lain hanya teman biasa saja.,,.,.,gaul,,., kadang sebuah dilema.,.,.gaul kadang jadi petaka.,.gaul kadang buat hati gembira dan bisa menghilangkan duka..,.,. makanya gaul donk.,.,.,. masih banyak sih yang mau diungkapin tapi cukup sekian dulu.,.,lain waktu disambung komentarnya

11. bucex - +0000k312009bUTCThu, 26 Mar 2009 07:09:36 +0000 18, 2007

aq . .tu org nya . .ga bsa gaul tolong dong beri aq tips ,coz nya aq ga pnya tmn d ling kungan aq kalo mlm aq ga pernh kmna2 . .plis ksh tips byr aq ga malu lg klo bergaul . .

12. ru - +0000k302009bUTCFri, 03 Apr 2009 05:58:21 +0000 18, 2007

bisa minta tolong?? aku sedang skripsi tentang citra pergaulan. bisa minta referensi tentang teori-teori pergaulan. aku kesulitan dapetnya. thx buanget.

13. awe - +0000k302009bUTCSun, 19 Apr 2009 20:03:14 +0000 18, 2007

gmn seh , cra bergaul dgn sehat??

14. ai - +0000k302009bUTCTue, 21 Apr 2009 21:01:21 +0000 18, 2007

gimna sh bergaul dg orang dewasa, cz menurut q bergaul dg oorang dewasa lebih egois karna qt yg lebih muda selalu menuruti ap mo nya dy z?

15. ai - +0000k302009bUTCTue, 21 Apr 2009 21:44:38 +0000 18, 2007

bwt awe kyanya q tau da cara bergaul dg sehat? tp salah / benar nya di terima dulu ya? menurut q cara bergaul dg sehat adalah…. mending kmu netral z gaul ma cfa z, yg paling penting menurut q bergaul itu ga mandang usia, status, yang pentig orang itu enak di ajak gaul, n kmu jg harus bsa memlih bergaul mna yg baik n mna yg ga baik? dan u jga harus bsa membedakan mna do’i kmu n mna temen kmu? n kmu jga jngn munafik u/ hal2 yg ckrang dianggap bisa.

16. ai - +0000k302009bUTCTue, 21 Apr 2009 21:59:54 +0000 18, 2007

bwt bucex kmu nak sklh bkn? k’u kmu nak skolh, klu kmu plang sekolah n hbs dri mna pun di usahain nanya ma cfapun cz itu yg bsa wt silaturahmi n u jg usahain lah main ke tetangga u yg msh nak mda, n ngomong z eh… gabung donk? gitu z n kmunya jg jngn pasip usahain kmu aktif jdi kn suasana ga dingin n kmu jg ga usah mandang siapa dy siapa q? ingsa allahlah kmu di terima ma temen pesan q agresip dikit lah ga pa2 ko klu wt cri tmn….

17. MAMAT ANEH - +0000k302009bUTCWed, 10 Jun 2009 07:28:13 +0000 18, 2007

YA…..tu bagus sekali………..trusin aja……….
………..MAMAT ANEH MENDUKUNG YANG SEPERTI ITU……………..

18. sury - +0000k312010bUTCTue, 06 Jul 2010 01:11:32 +0000 18, 2007

bri aq tips donks..aq baru masuk kerja n teman2 di kantor ngomong na plin-plan sedangkan aq g bisa kek gt,,trus aq lebih banyak diam n dengerin mereka ngomong…aq pengen banget sperti mereka bisa mengatakan apa yang ada di hati na…please!!!!!!!!!!!

19. x - +0000k312011bUTCMon, 02 May 2011 02:16:12 +0000 18, 2007

@all aq punya temen 3 org umpamakan a b c ok,aku sih deket sama sih tapi kurang ma si c terus aku tuh di cuekin a sih ab kan eh si c yang aku benci sekarang jadi temen paling deket teus si a protes and skrg berantem and yah biar akur any way thanks yah untuk tips nyah

20. x - +0000k312011bUTCMon, 02 May 2011 02:23:18 +0000 18, 2007

aku x punya temen a b c pertama sih aku klop nyah sama siu a b terus aku berantem terus si a temen ma c and b sama aku terus kita temen bareng semua tapi aku kurang mau sama si c terus aku nyusun sama a b rencana biar si c keluar dari tim eh terus aku pura2 temen ma si c eh malah deket and nyaman lebih nyaman di banding sama si a atau si b sekarang a dan b marah terus aku musti gimana jauhin c atau tingalin a b yang udah lama tapi kurang cocok and kasih solusi soalnya aku pengen semua damai please

21. mani - +0000k312012bUTCTue, 24 Jul 2012 09:41:55 +0000 18, 2007

aku orang nya ceplos2 aja klo ngomong ,kadang aku enda sadar yah udah terucap sendiri ginma caranya untuk menghilangkan sifatku itu,,krn aku takut mulutku adalah hari mau ku


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: