jump to navigation

Pengalamanku tes magang jepang +0000k312007bUTCMon, 17 Dec 2007 17:53:46 +0000 18, 2007

Posted by alearch in Kerja Keluar negri.
trackback

Desember 2004 alhamdullillah gw neyelesain bangku kuliah diprogram D3 teknik Arsitektur, senneng, bangga, plus lega serasa terbang di awang-awang. Selesai kuliah gw langsng kerja disalah satu perusahaan konstruksi sambil kerja gw berwiraswasta yg bergerak di bidang fotografer. beberapa bulan kemudian ada temmen yg nawarin buat ikutan seleksi magang ke jepang, tanpa pikir panjang gw langsung ikutan karena backgroundku sangat masuk nominasi buat ikutan daftar, adapun syarat mutlak untuk ikutan seleksi magang jepang adalah sebagai berikut :

  1. Warga negara indonesia asli
  2. Udah Tinggal di palu paling banter 3 taon, KTP merupakan alat bukti sah
  3. Tidak berkacamata
  4. Jenis kelamin kudu laki-laki
  5. Usia minimal untuk sarjana/D3 20 sampai 27 taon sedangkan SMA 20 sampai 25 taon
  6. Pendidikan : STM, sarjana/d3 jurusan teknik mesin,sipil,mekanik,bangunan,industri,kimia dan juru gambar
  7. Postur tubuh kudu oke, tinggi badan minimal 160 cm,berat 50 kg danyg terpenting nggak cacat fisik + mental
  8. Nggak pernah berurusan yg namanya kantor polisi yg disebabkan karena kasus-kasus berat alias kriminalitas, SKKB merupakan alat bukti sah.

Merasa kriteriaku bisa masuk nominasi, gw langsung ke BLK buat ambil formulir pendaftaran, pegawai BLK pada ramah nian. mereka memberikan penyuluhan tentang berkas yg kudu di siapkan dan tata cara pengembalian formulir. Adapun persyaratan yg harus di serahkan ke BLK pada saat pendaftaran ulang adalah sebagai berikut :

  • Foto kopy ijazah + transkrip nilai yg udah di legalisir

  • Foto kopy KTP

  • Foto kopi KK, kartu kuning,akte kelahiran

  • Foto kopy surat keterangan kelakuan baik dari kepolisian

  • Foto kopy surat rujukan dari rumah sakit

  • pas foto warna 4×6 sekian lembar, 3×4 sekian lembar, 2×3 sekian lembar

setelah persyaratan semuanya dah saya lengkapi kemudian saya serahkan kepada panitia yang bersangkutan. setelah beberapa hari kemudian saya di hubungi bahwa tanggal sekian kudu cek berkas, pada saat cek berkas kita diwajibkan untuk membawa berkas asli, pas di cek berkas aku di telanjangi untuk cek fisik, tinggi dan berat badan, alhamdulillah saya bisa gol!! Bebarapa hari kemudian di panggil lagi buat tes pemagangan, tes pertama adalah tes fisik, sekali lagi gw di telanjangi, tapi alhamdulliah bisa gol… hari kedua tes fisik II berupa lari beberapa kilometer (7 kilometer dalam waktu 3 menit), push up 35 kali, sit up 25 kali, alhamdulillah lagi saya bisa gol!! hari ke tiga matematika.. apa boleh buat perjalananku sampai disini.. kenapa?? padahal soal mmatematikanya termasuk soal-soal standar dan sangat gampang, ternyata ketegangan sangat mempengaruhi, waktu itu karna saking senangnya sudah bisa melangkah jauh, saya jadi terbebani sampai-sampai pada saat itu pulpen yg ringannya kurang lebih 25 gram tiba-tiba menjadi 25 kg saking tegangnya akhirnya nulisnya jadi lambat… ukhh nyessel deh, coba waktu itu gw rilex aja pasti nggak kejadian kayak gini, tapi yah mau di apa lagi udah takdir kali.. hehehheheheh.

Katanya tahun depan akan di buka lagi, tapi sampai skrng lom di buka-buka, penyebabnya sih katanya gara-gara banyaknya orang-orang Indonesia yang bekerja di jepang pada buat masalah, khususnya anak-anak dari sulawesi, mangkanya calon peserta dari sulawesi belum bisa melakukan penyeleksian magang, itu semua karena sulawesi menjadi black list di mata jepang.gw sih masih mau nunggu, tapi umurku bentar lagi masuk 27 tahun.. masih bisa terkejar nggak yah? so… buat teman-teman yang minat banget kerja ke luar negri khususnya jepang, berusahalah, belajarlah dari pengalamanku semoga tulisan ini bermanfaat bagi yang mebacanya.. amien.. good luck yah… ^_^

Komentar»

1. zoel - +0000k312007bUTCWed, 19 Dec 2007 02:17:48 +0000 18, 2007

kasih info ya kalo ada lowongan…. (pdhal biasa kontak YM, hehehe_😀

2. alearch - +0000k312007bUTCWed, 19 Dec 2007 21:27:34 +0000 18, 2007

heheheheh…

ada ada aja neh zoel, kamu kalee yg kasih info. kan jaringanmu luas kayak telkomsel. iyah deh, kita keep cont aja terus n saling tukar info..😛

3. daeng limpo - +0000k312007bUTCWed, 26 Dec 2007 20:19:53 +0000 18, 2007

eh kalo sampe ki di jepang, titip salam sama Kaisar Hirohito bos

4. alearch - +0000k312007bUTCWed, 26 Dec 2007 20:38:38 +0000 18, 2007

insya allah daeng limpo, salamnya daeng bukan hanya gw sampaikan ke kaisar tapi jga bakal sy sampaikan sama anak perempuannya serta dayang dayangnya,😀

5. wiwied - +0000k292008bUTCWed, 06 Feb 2008 10:27:16 +0000 18, 2007

maksud ditelanjangi itu gimana??????? apa benar-benar bugil tanpa sehelai benangpun di badan dan dalam kaadaan telanjang di apain saja???/ balas ke email aku ya!!!

6. alearch - +0000k292008bUTCThu, 07 Feb 2008 08:08:18 +0000 18, 2007

@wiwied

Untuk tes magang jepang, di telanjangi ada 3 versi, versi pertama yaitu pada saat pengembalian berkas, untuk mengetahui apa kita layak ikut tes nanti, kita kudu di periksa oleh pegawai BLK, nah di situ (depan orang ramai) kita di telanjangi, yang tersisa cuman cawat doang, yg kedua pada saat tes magangnya, yg periksa langsng orang jepangnya prosesnya sama dengan yg pertama.. cuman yg kedua ini musti diliat dikit ma orang jepang ini… yg terakhir, pada saat tes kesehatan, klo yg ini benner2 di telanjangi bulat-bulat, namun periksanya di dalam ruangan tertutup, yg boleh masuk dokter ma susternya doank.. heheheheheh😀

7. Azis - +0000k302008bUTCSun, 27 Apr 2008 21:25:42 +0000 18, 2007

Met kenal
aku pengen bgt yg namanya ngelihat jepang dari deket apalagi sambil kerja disana.
Oya kalo kita magang ke jepang kena biaya berapa? Ato malah gratis?
Trus soal matematikanya ada berapa ya?

8. alearch - +0000k302008bUTCMon, 28 Apr 2008 07:44:06 +0000 18, 2007

@ azis

lam kenal balik azis

klo magang jepang lewat jalur BLK tuh nggak di pungut biaya sepeserpun, tapi klo melalui jalur swasta tuh bayarannya berkisar 30 sampe 40 jeti, itupun nanti nggak jelas keberangkatannya. jadi saranku mending lewat BLK aja.

truss untuk tes matematikanya sebanyak 30 soal dan harus di kerjakan selama 3 menit, benar 80 % udah bisa berangkat kejepang.. itupun klo tes2 berikutnya bisa gol heheheheheheeh..

9. Deni yahya - +0000k312009bUTCWed, 31 Dec 2008 05:40:04 +0000 18, 2007

thank’s sob atas segala informasinya walaupun kamu gagal…tp gw tau kamu masih tetep cool….thank’s ya broowww…????
good luck,..
n moga bisa menjadi pengalaman buat ku..,

10. tiwi - +0000k282009bUTCSat, 14 Feb 2009 02:47:05 +0000 18, 2007

salam knal ya..
ada g lowngan bwt wanita maggang dijepang???
cz ak kepgen krj sana cz negaranya maju siiii….
tlg kasih tw ya…..

11. kerak - +0000k302009bUTCMon, 27 Apr 2009 08:30:41 +0000 18, 2007

thank’s ya udah berbagi pengalaman ….

12. sion mushroom - +0000k282010bUTCMon, 01 Feb 2010 08:16:54 +0000 18, 2007

Inspiratif bgt dech..
slm kenal ya.. emang kalo blom rejeki, kita mau usaha gmn jg tetep aja yang diatas yang punya kuasa betul betul betul…
kalo lari 7km 3 menit ya ampuun.. kyk mo jdi inpantri, sama aja keliling lap. sepak bola 10x tuh (kalo gak salah itung he2x)
apalagi disuruh tlj …
buat yg laen, niatan ke luar negeri yang lebih maju jadikan motivasi, tp bkn brarti hrs kerja di luar negeri ato magang (pent: cari ilmu) di negeri orang.. saatnya kita cinta dalam negeri (ngutip orang jepang bilang ke negaranya.) untuk indonesia lebih baik.
buat pemrentah RI, yg terhormat menaker.. bikinlah progrm2 yg baru, yg namanya magang khan buat cari ilmu bukan buat cari devisa. BLK dibikin lebih profesional, fasilitasnya diperbarui, biaya lebih terjangkau, kalo perlu orang BLK digratiskan magang. biar bisa nularin ilmunya ke siswanya.

13. Ontohot - +0000k302010bUTCFri, 24 Sep 2010 07:23:04 +0000 18, 2007

Numpang koreksi, setahu gw larinya 3 km waktunya 15menit. Klo 7km 3 menit pelari kelas duniapun agak kerepotan bang.

14. maria - +0000k312011bUTCMon, 02 May 2011 21:16:09 +0000 18, 2007

kalo yang berkacamata boleh ikut gak?
soal’a saya berkacamata….

15. ian - +0000k302011bUTCSat, 12 Nov 2011 09:42:28 +0000 18, 2007

emang soal matematikaNya gimana bang…??

16. adriyadi - +0000k312011bUTCTue, 13 Dec 2011 09:20:13 +0000 18, 2007

saya juga berminat…

17. khoirul - +0000k312012bUTCSun, 08 Jan 2012 01:45:35 +0000 18, 2007

lari’y bner g wktunya??

18. karlin - +0000k312012bUTCWed, 07 Mar 2012 10:13:36 +0000 18, 2007

bro…plis contoh soalny dunk…heheheheeeeeeeeeeh

19. bahrul - +0000k302012bUTCWed, 27 Jun 2012 00:29:21 +0000 18, 2007

Kalau udah pernah patah tulang bisa nggak?

20. punk.iring@gmail.com - +0000k312012bUTCWed, 15 Aug 2012 20:27:51 +0000 18, 2007

ksh conth soalnya dunk………..

21. wahyudi - +0000k312012bUTCMon, 24 Dec 2012 22:00:12 +0000 18, 2007

klo ada bekas luka gimana tu,

22. novendri - +0000k282013bUTCFri, 08 Feb 2013 09:10:54 +0000 18, 2007

Wahhh mtor gue adj kalah tu,,klo larinya 7km waktunya 3menit,,

23. sandy - +0000k302013bUTCTue, 04 Jun 2013 03:46:37 +0000 18, 2007

Wah ,,mantap tuch , saya juga rencana mau ikut test , semoga lulus ya ,,🙂

24. azhill - +0000k302013bUTCMon, 10 Jun 2013 00:36:48 +0000 18, 2007

DIPALU DAFTARNYA DIMANA ?

25. vhaniia - +0000k312013bUTCMon, 19 Aug 2013 16:32:00 +0000 18, 2007

tes matematikanya itu soalnya bgaimana?
apakah soal yg membutuhkan rumus2 yg pnjang n ribet?
saya mau daftar magang tapi masih ga pede sama tes nya terutama matematika..

airiel aziez - +0000k302014bUTCWed, 25 Jun 2014 16:30:59 +0000 18, 2007

matematika soal@ 20 soal waktu 15 menit , soal matematika@ soal anak sd kelas 4 , soal nya gx terlalu payah , cuma tetap harus belajar , pengalaman saya gagal di matematika , saya terlalu percaya saya bisa , cuma waktu a gak cukup ,

26. jaka - +0000k312014bUTCSun, 16 Mar 2014 02:57:23 +0000 18, 2007

mas, waktu test kesehatan, kan di telanjangi tuh, nah bagian mana aja yang di periksaa saat test, pleas di jawab ya mas

airiel aziez - +0000k302014bUTCWed, 25 Jun 2014 16:26:38 +0000 18, 2007

celana dalam masih pakek , cuma yang paling banyak orang yang gagal , pada pemeriksaan gigi yang lebih dari 3 lobang , kalau anda merasa gigi@ banyak lobang @ segera titambal

27. airiel aziez - +0000k302014bUTCWed, 25 Jun 2014 16:23:52 +0000 18, 2007

di aceh lagi di buka pendaftaran sampai habs puasa ditutup pendaftaran
di medan bulan 10 di buka . kalau daerah lai belum dapat infoo

,

28. arif@gmail.com - +0000k312014bUTCSun, 13 Jul 2014 21:36:40 +0000 18, 2007

misi gan mau nanya,.. untuk magang imm jepang gigi depan harus utuh ya??
kalau untuk magang swasta apakah masih bisa lolos jika gigi depan ada tambalannya?
makasih sebelumnya

29. fitrairu - +0000k312015bUTCSat, 14 Mar 2015 08:31:35 +0000 18, 2007

makasih kak infonya, kalo di non im itu persyaratanya kira2 sama ga ya kak, maksudnya ketentuan2 nya, soalnya saya pernah patah tulang, katanya kalo yg di imm resmi bekas patah tulang tdk di perbolehkan. jujur saya takut kalo ini emang bener. mohon konfirmasinya kak. makasih banyak

30. nova - +0000k302015bUTCWed, 09 Sep 2015 01:14:05 +0000 18, 2007

hahahaha, masa iya lari 7km 3mnt doank??? salah ketik kali mas, coba konfirmasi lagi,

31. Akikazu ariyoshi - +0000k302015bUTCWed, 09 Sep 2015 03:51:37 +0000 18, 2007

Greget vrooohhhh. 7km 3 menit. Jirr, itu nyuruh lamborghini tembus kagak yak???

32. trianto - +0000k312015bUTCWed, 21 Oct 2015 01:45:51 +0000 18, 2007

Mungkin dikoreksi ya harusnya lari 3km dalam 15 menit,push up 35x,dan sit up sempurna 25x CIIMW

33. Masaniro - +0000k302016bUTCMon, 06 Jun 2016 22:10:12 +0000 18, 2007

Gan, sampe situ habis biaya berapa?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: