jump to navigation

Kisah Abay Namura Hazet menuju negeri sakura +0000k312007bUTCMon, 24 Dec 2007 16:40:12 +0000 18, 2007

Posted by alearch in Kerja Keluar negri.
trackback

abayDudung Kusnandar alias Abay Namura Hazet, aku lebih sering memanggil dia dengan sebutan Abay, pria ganteng 22 tahun ini dikenal sangat periang dan friendly banget, seperti kebanyakan orang bandung lainnya abay orangnya ramah dan santun bahasanya, Abay berasal dari keluarga yang sederhana dan hidup pas-pasan, namun berkat ketekunan, kesabaran, dan kerja kerasnya dia akhirnya bisa melebarkan sayapnya ke negara dengan julukan “matahari terbit”.

Abay main sky saljuPerjalanan Abay menuju negeri Sakura tak semudah membalikkan telapak tangan, pada saat itu saja usianya belum mencukupi untuk mendaftar sebagai calon perserta magang, seperti yang kita ketahui bahwa, minimal usia peserta magang tuh diatas 20 tahun, sementara waktu itu usia abay 20 tahun kurang 3 bulan, tapi dia tidak putus asa, dia menghadap ke kepala Depnaker setempat untuk di beri kelonggaran dan akhirnya dia bisa ikutan tes meskipun usianya belum mencukupi. dia mendaftar melalui Depnaker bandung pada tahun 2005, dia daftarnya menggunakan ijazah STM. berikut adalah waktu dan susunan jadwal tes abay dari awal sampai keberangkatannya :

  • Hari pertama tes berkas (gol)
  • Hari kedua tes kesemapaatan, tes kesemapaatan yaitu tes pemeriksaan seluruh anggota tubuh dimana pada saat itu kita musti membuka seluruh pakain yang kita kenakan (gol)
  • Masih Hari kedua, setelah tes kesemapaatan dan gol dilanjutkan dengan tes matematika (gol)
  • Hari ke tiga tes fisik, yang di laksanakan di lapangan Sabuga Bandung. tes fisik tersebut meliputi Lari 3,5 Km dalam waktu 15 menit, push up 35 kali dan sit up 25 kali (gol)
  • Dua hari kemudian dipanggil untuk tes psikotes, tes psikotes yaitu tes tentang kepribadian diri kita, soalnya terdiri dari 500 soal!! (gol)
  • Keesokan harinya dihubungi untuk tes wawancara, yang ngetes wawancara adalah orang jepang langsung yang sangat mahir menggunakan bahasa indonesia (gol)
  • Setelah menerima hasil kelulusan wawancara via pos, Abay di panggil ke depnaker untuk info selanjutnya.
  • Dua hari kemudian tes Kesehatan (gol)
  • Berapa hari kemudian Kursus Bahasa jepang di salah satu universitas yang ada di bandung, kursus bahasa jepang berlangsung selama 1 bulan (gol)
  • Istirahat beberapa hari, kemudian di tempatkan di BLK lembang selama sebulan dan kemudian di pindahkan ke BLK Bekasi selama 3 bulan, semua itu untuk melanjutkan pendidikan mengenai bahasa dan adat istiadat jepang (gol)
  • Setelah selasai masa pembelajaran di BLK, semua peserta di suruh untuk memilih pekerjaan yg dia minati sesampainya di Jepang, Tidak lama kemudian langsung di berangkatkan ke Jepang.

Sunggguh perjuangan yang tidak mudah untuk bisa sampai kesana, butuh pengorbanan yang lumayan berat. Ada cerita yang sedikit membuatku terharu, pada saat dia mengikuti medical check up, ternyata untuk medical check up tidak gratis, Abay harus mengeluarkan uang sebesar Rp.1.000.000,- untuk melakukan tes tersebut, dia sempat stress berat tidak tau musti dapat duit dari mana, jangankan duit sejuta, ongkos angkot ke tempat tess aja dia nggak tau musti ambil darimana, waktu itu dia hampir putus asa, abay sudah setengah hati buat ngejalani program pemagangan tersebut. beruntung pada saat itu ada keluarganya (bibinya) yang mau membantunya. pada saat mengikuti pelatihan bahasa Jepang di BLK bekasi juga demikian, banyak yg tidak tahan dengan pelatihan tersebut, bahkan ada di antara teman-teman Abay yg menangis karena di marahi oleh team pengajar, kata Abay sih “wajah preman tapi hati selembut sutra broo” heheheheheheheh.. waktu di BLk bekasi yang gugur alias di pulangkan ada 3 orang, faktor ketidak lulusannya adalah akibat sakit keras yang diderita, ada juga akibat tidak mampunya otak dalam menerima setiap pelajaran yang telah di berikan.

AbayAbay merupakan salah satu orang yang beruntung yang bisa lolos pada program pemagangan tahun 2005 karna pada saat itu (angkatan 153) dari 1038 yang ikut tes program magang, cuman 128 orang yang sampai mendarat di salah satu bandara yang ada di Jepang dan salah satunya adalah saudara kita Abay.

Kini Abay bekerja di Namura zousen, perusahaan pembuatan kapal laut yang ada di jepang, jam kerjanya di mulai dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore, kerja di atas jam 5 sore dihitung lembur dan akan di kasih gaji lebih, namun di tahun pertama lembur tidak di perbolehkan.dudung-di-jembatan.jpg untuk gaji yang di terima Abay tahun pertama sebesar 80 ribu yen (Rp.6.000.000,-)/bulannya. kini dia jalan tahun ke dua, sekarang gaji yang dia terima sebesar 90 ribu yen (Rp.675.000.000,-)/bulannya, jika Abay bekerja sampai tahun ke 3 dia bisa menerima gaji sebesar 100 ribu yen(Rp. 7.750.000,-)/bulannya. berikut rincian gaji yang bakal dia terima selama 3 tahun kontrak :

  1. tahun pertama : Rp.6.000.000,- x 12 bulan = Rp.72.000.000,-
  2. Tahun kedua : Rp.6.750.000,- x 12 bulan = Rp.81.000.000,-
  3. Tahun ketiga : Rp.7.500.000,- x 12 bulan = Rp.90.000.000,-

T O T A L = Rp.243.000.000,-

Bukan jumlah yang sedikit kan? semua itu belum di hitung dengan uang lembur, menurut Abay dia menghabiskan sekitar 30% dari gaji tiap bulannya untuk memenuhi kebutuhan pokoknya selama hidup di jepang (hmmm.. lumayan boros juga yah?.. hehehhheeh) selain itu kalau nggak salah selepas kontrak Abay akan mendapatkan modal usaha dari IMM sebesar 600 ribu yen atau berkisar Rp.45.000.000 sampai Rp.50.000.000 modal yang lumayan besar untuk membuka suatu usaha sesampainya di Tanah air, ditanya mengenai rencana setelah berada di tanah air, dengan polosnya dia menjawab “yah apa yahhh… masih lom kepikir sih,dipikirkan juga bingung mau ngapain setelah disini nih, malah bingung sendiri sih“.

Abay Dimata saya merupakan sosok sahabat yang sangat sederhana, ramah dan selalu meluangkan waktu untuk saling berbagi pengalaman. selain itu dia juga selalu memberi dorongan dan motifasi untuk maju, ada beberapa pesan singkat dari Abay yang selalu saya simpan dan baca kalau lagi sedang malas beraktifitas, yaitu :

kalau km niat banget mau ke jepang
kata orang tua gini khn
ADA KEMAUAN PASTI ADA KEMAJUANN
betul khn
aq dooakan moga km berhasil kesini
dan aq akan tunguin km disini sobat kuu

dan juga

ada kemauan pasti ada kemajuann
itu lah pedoman aq selama ini
aq bisa kejepang km juga pasti bisaa kok ,dengan apa pun jalannyah
tak ada yg sempurna manusia didunia ini pasti ada kekuranganyah

Tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan seperti Abay, mudah-mudahan kita semua bisa belajar dari kesuksesan Abay yang pantang menyerah demi suatu cita-cita. sukses selalu sahabatku doa kami menyertaimu, amien..

Komentar»

1. ANQ - +0000k312007bUTCMon, 24 Dec 2007 18:00:32 +0000 18, 2007

me saluuuuuuuuuuut sama Abay Namura Hazet,
semoga siapa saja yg baca blog ini dapat belajar lebih bayk dari saudara kita Abay Namura Hazet, khususnya buat aq sendiri.
Tapi perlu di ingat kesuksesan itu tidak lepas dari pertolongan sama Yang Maha Kuasa, karena kalau Dia( Tuhan ) berkehendak, kesuksesan itu akan di ambilnya semudah dgn membalikkan telapak tangan.

buat ale (My Best Friend), aq doain semoga ente bisa ikutin jejak Abay Namura Hazet, do`a ku slalu menyertaimu, amien..

2. ehanartha - +0000k312007bUTCMon, 24 Dec 2007 19:20:34 +0000 18, 2007

hehehe….
kk abay beruntung py tmn kk ale..
dia baik mo bikin artikel wat kk abay yang memang perjuangan na g bisa dianggap remeh
karena mungkin kalo kk ale g buwat blog kek gini kita ya pada isi comment atau yang baca artikel ini mana kita tau ada seorang laki-laki yang pantang menyerah dan akhirna sukses, smoga aja tar-tar klo aq lulus SMA terus kul terus lulus sarjana aq bisa magang di luar negeri tp jgn JEPANG ah nampak sulit bagi ku.

thx wat kk ale yg dah ngebolehin aq baca artikel ini smoga yg baca terimprovisasi terutama yg dah sarjana ^_^

bye2

3. honey - +0000k312007bUTCTue, 25 Dec 2007 03:34:49 +0000 18, 2007

I like it… thanks

4. honey - +0000k312007bUTCTue, 25 Dec 2007 03:35:27 +0000 18, 2007

Aishiteru Abay

5. eggy - +0000k312007bUTCThu, 27 Dec 2007 00:10:46 +0000 18, 2007

eggy…eggy ini yg baca,,,wuzz butir mu ini bangga pada mu nak, tak disang ka selama qt menjadi antir butir, gie baru tau hal yg seperti ini, heuheu c gw ter haru…hiks…hiks…terharu bgt buat sesuatu yg sangat keren perjuangan yg penuh tekat….moga gie jg bisa kyk antir kyu ini….teruz berjuang tanpa putus asa,,,tuc pan perjuangan mu sgt keren malah ampe ke post kyk gini mangkanya banggalah tinggal disana dengan berjuta kenangan yg akan kau bawa ke indonesia ini,,,ke tanah air yg qt cintai…..gie bener2 bangga duh harus ngomong apa lg atuh c gw ini dengan keadaan mu yg menab jubkan di suatu situs maya tp nyata ini…..ok gie cm bisa bilang selamat gia dan teman2 mu yg lain bangga ma dung////have fun…keren lah……

6. topan urang sumedang anu kasep thea hihihi - +0000k312007bUTCSun, 30 Dec 2007 11:14:34 +0000 18, 2007

wew si abay di pampang didieu,keur naun maneh bay,balik atuh kadieu mawa parawan hu’uh,ke maneh lamun balik ka sumedang,urang nyieun warnet jeung uing di jatinangor hu’uh,matakna gera balik teu kangen kitu maneh ka tahu sumedang anu nikmatna tiada tara wakakaka,urang ulin ka ci tengah hu’uh urang liliwetan kekeke…geus ah lieur deuk nulis naon deui urang mah….btw makasih ama ale yang sudah buatin artikel tentang abay…
abay buru balik bebel……yeuh loba randaa didieu…..wakakaka

7. topan urang sumedang anu kasep thea hihihi - +0000k312007bUTCSun, 30 Dec 2007 11:33:15 +0000 18, 2007

wah ale baik banget buatin blog buat abay…maksih yah le

abay maneh gera balik siah urang ulin ka citengah jeung urang…ke mun balik maawa awewe orang ditu hu’uh bae jang urang we awewena mah hehehehe………

salut deh buat ale…..

8. nanami - +0000k312007bUTCSun, 30 Dec 2007 21:07:37 +0000 18, 2007

hohoho……cie….cikitiwwww!!!prikitiwwww!!!woooooo

haihai pertama2 gie mo ngucapin makasih bunyak m emmmm ale yach namanya thank alot wah kisah teman yg membanggakan yah!!! yach……heuheu gie doakan jg moga ale dapat apa yg di inginkan n di cita2 kan,,,n betul bgt tuch ANQ, ke suksesan ini gak terlepas dari SANG PENCIPTA QT, patut bersyukur n SALUUUUUUUUUUT LAH ma antir kyu,,,, cie…cie dah lama kenal antir gie gak tau kisah mengharukan n bikin bangga ini,,,,alah keren pisan y antir kyu,,,,,ampe2 yg baca bisa termotifasi nih ma kisah nya, ….AYO QT BERJUANG BERSAMA buat hidup sukses,…heuheu

antir ku dudung c ABAY NAMURA HEZET banggalah butir mu ini terusss kembangkan banggalah hidup disana walau dah bosen ti ingat perjuangan pan jd bersyukur tuch em buanyak yg pengen kyk dung tuh ,,,,wah keren lah kedap deui uih pan heuheu senang atuh…. nantimah jepang teh tinggal kenangan yach,,,hehe tp berharga bgt yach jd pny beribu shbt, tul tak…..???? emh dapet gebetan lg wkwkwkwkwkwwkwwwkkkkk

(n_n)v
piss

gie

9. alearch - +0000k312008bUTCThu, 10 Jan 2008 15:37:23 +0000 18, 2007

@ANQ

ckckckcckk nggak nyangka si angky hebat ngomongnya!! selama ini gw pikir lo tuh anaknya dodol, ternyata di luar dugaan banget!! asli!!

untuk doanya angky.. makasih bnyk sy yakin doanya orang teraniyaya tuh pasti cepat di kabulkan.. amien :P~~

@ehanartha

wekzz gw teman yg biasa aja kali, lo kan juga teman gw.. berarti lo beruntung juga donk.. hehehheh :P~~

gw doain deh, ntar klo lo dah lulus SMA mudah2an lo bisa kerja ke luar negri terutama negara eropa.. amien.. 😀

@honey

wah… ada pacarnya abay ngisi comment… heheheheh makasih yah ^_^

@eggy + @nanami

eggy ma nanami orang yg sama yah??

iyah.. namaku ale, lam kenal yah? makasih yah udah memberikan comment yg membuat semangat 45! tapi sebagian commentnmya aku nggak ngerti abis bahas sunda sih.. heheheheheh

@topan

wah.. sahabat karibnya abay neh, makasih juga pan, dah mau ngunjungi blogku, topan neh awewe mulu… tapi dianya nggak married2 hehehheheeheh

10. Anang - +0000k312008bUTCSun, 13 Jan 2008 05:09:01 +0000 18, 2007

Tak kusangka dan tak kuduga aa Abay yg biasa terkenal pendiam, tak banyak cakap, pandai merangakai kata2 ditambah dengan data2 yg komplit dan aktual. Tak ada ruginya si aa Abay ini tiap sore nongkrong teruuuuuuus didepan komputer. Manfaatkanlah keberadaan di Jepang ini dengan sebaik baiknya untuk bekal kita di kampung halaman nanti. HIDUP POLIGAMI (clingak-clinguk mode on)

11. kusnadi - +0000k312008bUTCFri, 14 Mar 2008 00:07:38 +0000 18, 2007

punya info tentang buku pelajaran bhs. jepang, kasih infonya dong kealamat email saya : koeaji@yahoo.co.id

12. bilqis - +0000k312008bUTCMon, 07 Jul 2008 02:57:19 +0000 18, 2007

……heehhhheeeeemg susah ker di jepang
q pernah liat BLK nya y di bekasi….gede banget & sanpainya galak 2

pacar q jg ker di namura
namanya erwin…angkatan 186
baru berangkat kemarin sich.
kl tau email q Yawwww

13. L.139 - +0000k312009bUTCSun, 31 May 2009 07:30:25 +0000 18, 2007

suge na ima made mada oboeteru no zenbu?
ma omedetou na! mukashi wa doko de kenshushitan desu ka?
oremu onaji IMM japan no kenshusei dattandesuyo.

14. kadek budi martini - +0000k302009bUTCSat, 20 Jun 2009 01:00:37 +0000 18, 2007

salut buat adik abay…saya panggil adik aja….jarang anak muda jaman sekarang tahan banting….alias tdk cepat putus asa….tetaplah jadi orang yg sederhana…..sukses

15. Prof. IB Raka Suardana - +0000k302009bUTCSun, 21 Jun 2009 21:32:46 +0000 18, 2007

Sukses selalu dik, beri contoh teman-temanmu. Bu Kadek Budi Martini mengidolakanmu…

16. mpur - +0000k312011bUTCThu, 06 Jan 2011 09:01:06 +0000 18, 2007

bay kmh tiditu rame teu?

17. mpur - +0000k312011bUTCThu, 06 Jan 2011 09:02:46 +0000 18, 2007

ri ngiluan blk sabara bulan?

18. Imams Sakura hitz - +0000k312011bUTCSat, 26 Mar 2011 20:00:43 +0000 18, 2007

Q terksan n kagum bnget 5 abay…….ingn menyusul kesana

19. Livanna - +0000k302011bUTCFri, 04 Nov 2011 08:54:03 +0000 18, 2007

Hebat…
Hebat…
Hebat…

20. hany - +0000k312015bUTCSat, 26 Dec 2015 05:03:04 +0000 18, 2007

awet ya artikelnya ampe taun 2015 masi ada postinganya. dudung skarang dah punya dua anak hehe….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: