jump to navigation

LPJK lahan subur untuk korupsi +0000k292008bUTCSun, 03 Feb 2008 12:53:28 +0000 18, 2007

Posted by alearch in Serba serbi.
trackback

Salah satu tugas dari LPJK (Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi) adalah Melakukan registrasi tenaga kerja konstruksi, meliputi klasifikasi, kualifikasi dan sertifikasi keterampilan dan keahlian kerja. Tahun 2005 adalah awal ditetapkannya peraturan bahwa setiap perusahaan-perusahaan konstruksi menengah dan kecil mewajibkan semua tenaga tekniknya untuk mengikuti pelatihan keterampilan keahlian kerja yang di adakan oleh LPJK.

Pada tahun 2006 (angkatan ke-2 yang merupaka angkatan terakhir ikut pelatihan gratis) saya mengikuti pelatihan tersebut dibawah bendera CV. BUANA ASSE. yang di adakan di hotel Citra Mulia palu, kegiatannya berlangsung selama 5 hari dari pukul 08.00-15.00 dengan fasilitas sarapan dan makan siang. setelah kegiatan pelatihan selama 5 hari selesai, peserta diberikan amplop berisi uang senilai Rp.200.000 dengan persyaratan menanda tangani beberapa kertas daftar jumlah uang yang di bagikan,melihat keganjalan yang terjadi saya bersama teman-teman mulai menyelidiki permainan yang ada di LPJK, mulai dari sumbangan sponsor sampai ke sumbangan pemerintah SUL-TENG. ternyata dana yang seharusnya kami terima bukannya Rp.200.000 rupiah melainkan lebih dari sejuta,bayangkan berapa dana yang mereka korup??.

Korupsi di LPJK bukanlah hal baru yang kita dengar, mulai dari awal tender sampai dengan pembangunan proyek kecil maupun besar adalah merupakan lahan yang sangat subur untuk ngorupsi, wajarlah kalau fasilitas-fasilitas umum seperti jembatan, jalan raya dan sebagainya selalu mengalami kerusakan disana sini sehingga sangat merugikan masyarakat pengguna fasilitas itu sendiri.

Karena saya memimpin teman-teman dalam mengungkap kasus korupsi di pelatihan tersebut saya sempat di ancam oleh beberapa pegawai LPJK termasuk pimpinananya berikut kutipan ancamannya :

Jika kamu melanjutkan terus kasus ini kami bakal kancing ijazahmu, sehingga kamu tidak bisa terikat kontrak dengan perusahaan manapun dan tidak akan bisa membuat perusahaan kontraktor maupun konsultan dengan menggunakan Ijazahmu, karena sudah masuk black list!!

Luar biasa bukan?? namun itu semua tidak membuat saya gentar. tapi sekarang saya sudah bersyukur, dengan adanya kasus ini saya beserta teman-teman sudah berhasil mengagalkan salah satu dari sekian ribu usaha LPJK dalam melakukan korupsi. kini adik-adik angkatanku yang ikut pelatihan tersebut sudah mendapatkan pembayaran yang seharusnya dan transparan.

Ayo teman-teman!! ungkap dan berantas korupsi meskipun itu dalam kapasitas yang kecil, karena korupsi yang besar berawal dari korupsi kecil.

Komentar»

1. zoel - +0000k292008bUTCTue, 05 Feb 2008 07:15:08 +0000 18, 2007

kalo “korupsi”ku kaya yg aq critain kapan hari di YM itu gimana Le?

lawan terus korupsi… salut buat ale…

2. alearch - +0000k292008bUTCTue, 05 Feb 2008 17:26:30 +0000 18, 2007

heuheuhuehuehu

yg namanya korupsi di permak sedemikian rupapun tetap aja korupsi zoel.. tp nggak papa, zoelkan ngorupsinya di zona aman alias diwilayah keluarga sendiri, jadi yg di rugikan keluarga sendiri dan yg di untungkan juga keluarga sendiri.

salutt wat zoel yg ngorupsi namun nggak ngerugiin orang lain… 😀

3. Balisugar - +0000k292008bUTCWed, 06 Feb 2008 22:39:05 +0000 18, 2007

O iyah…ini Ale, lupa aku

Lagi baca blogmu neh salam

4. alearch - +0000k292008bUTCThu, 07 Feb 2008 07:54:25 +0000 18, 2007

@balisugar

hehehehheheh kirain gw dilupain

makasih yah mba’ sukses yah..

5. chandra - +0000k312008bUTCTue, 27 May 2008 20:15:58 +0000 18, 2007

bener emang lpjk jadi payung koruptor para kontraktor dan konsultan. saya pernah bekerja disalah satu perusahaan kontraktor dan konsultan tapi sama saja proses dapat proyeknya dgn KKN dan LPJK pasti tahu dalam hal kapling-kaplingan proyek tapi tutup mata. untuk proyek APBN oknum pengurus LPJK kadang menjembatani dalam negosiasi konsensus. apalagi asosiasi jadi sarang mafia proyek.

6. Abah Ontohod - +0000k312008bUTCSun, 26 Oct 2008 20:25:01 +0000 18, 2007

Kita tidak usah takut mengungkap Mapia Koruptor di Negara Kita, Karena koruptor adalah sosok makhluk yang tidak pintar bersyukur kepada Allah yang maha kuasa.

7. cinta - +0000k302008bUTCThu, 20 Nov 2008 08:19:39 +0000 18, 2007

Mas Ale bersyukur sampeyan bisa usut KASUS KORUPSI DILPJK PALU bagaimana kalo LPJKN juga ada KORUPSI yaitu pemilihan sub bidang yang note bene bisa Asosiasi baru setor uang ratusan juta. Seperti nanti Nasib AKLINDO jg sama. tolong bantuin dong ah.

8. alearch - +0000k302008bUTCFri, 28 Nov 2008 22:13:00 +0000 18, 2007

yupz.. sy bersyukur bisa ngungkap salah satu dari sekian banyak percobaan korupsi yg ada dikubu LPJK palu.

untk kasus LPJKN dan AKLINDO mudah2an ada organisasi atau perorangan yg bisa mengusut atau menindak lanjuti perbuatan bejat mereka.

amien..

9. Robby Remeeus - +0000k282009bUTCSat, 21 Feb 2009 00:49:03 +0000 18, 2007

Mana yang lebih sakti :
Kepres, Perpres atau LPJK ?
Sampai dimana sih, kewenangan LPJK, kock bisa-bisanya menomer dua kan Kepres dan perpres. suatu saat disambar gledek nyahok lu….
Jangan berharap dapat batu petir untuk ngobatin orang sakit.

10. raup - +0000k312011bUTCTue, 23 Aug 2011 03:45:30 +0000 18, 2007

lpjk bukan sertifikasi keahilian k
/kerampilan kontruksi tapi kahlian korup

11. aju - +0000k302011bUTCTue, 20 Sep 2011 21:37:08 +0000 18, 2007

saya rasa memang setiap lembaga / badan hukum yang mendapatkan / mengumpulkan dana dari masyarakat yang berkepentingan khususnya dalam bidang jasa kontruksi sangat bijaksana apa bila ada pengawasan ketat dari satu lembaga atau lebih untuk mengawasi dan menghukum setiap ada terjadi kejahatan yang melibatkan lembaga atau pribadi……apabila perlu KPK juga bisa dikaitkan sebagai salah satu pengawas terhadap dugaan korupsi yang dilakukan……sehingga oknum-oknum korupsi akan berpikir dua tiga kali untuk mengkorup uang-uang yang bukan haknya……..mudah-mudahan dengan banyaknya lembaga pengawas….maka paling tidak ladang korupsi akan semakin sempit di negara korupsi terbesar kita ini……..

12. Santani Liani - +0000k312011bUTCSat, 08 Oct 2011 07:07:46 +0000 18, 2007

realita di negeri yang katanya ramah dan santun,,,,,,,,,

13. azwar annas almt - +0000k302015bUTCMon, 08 Jun 2015 01:57:50 +0000 18, 2007

btul bagus di bubarkan lpjk

14. azwar annas almt - +0000k302015bUTCMon, 08 Jun 2015 02:00:34 +0000 18, 2007

betul sekali memang lpjk sarang nya korupsi, karena sekarang ini sertifikat yang dikeluarkan lpjk, SKA dan SKTK disalah gunakan, bukannya untuk tenaga ahli, tetapi sekarang ini digunakan untuk pengamanan dan pengarahan proyek kepada pihak tertentu, sehingga membatasi peserta lelang. bubarkan saja LPJK tidak ada gunanya bagi masyarakat dan bangsa ini


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: