jump to navigation

Selamat hari Valentine +0000k292008bUTCWed, 13 Feb 2008 13:34:28 +0000 18, 2007

Posted by alearch in Serba serbi.
trackback
hari valentineHari ini tanggal 14 februari 2008 merupakan moment untuk melimpahkan kasih sayang terhadap orang yang disayangi baik itu kekasih, sahabat ataupun keluarga, biasanya pada tanggal tersebut dikenal dengan sebutan hari valentine. valentine? apakah itu valentine? berikut sedikit sejarah tentang valentine.
    Valentine adalah nama seseorang pemimpin agama Katolik yang telah dianggap menjadi martir oleh orang-orang Kristen (katolik) dan Valentine telah diberi gelar sebagai orang suci (Santo) oleh orang-orang Kristen.
    Kisahnya bermula ketika raja Claudius II (268 – 270 M) mempunyai kebijakan yang melarang prajurit-prajuritnya untuk menikah. Menurut raja Claudius II, bahwa dengan tidak menikah maka para prajurit akan agresif dan potensial dalam berperang.
    Kebijakan ini ditentang oleh Santo Valentine dan Santo Marius, mereka berdua secara diam-diam tetap menikahkan para parujurit dan muda-mudi, lama-kelamaan tindakan mereka diketahui oleh raja Claudius, sang rajapun marah dan memutuskan untuk memberikan sangsi kepada Valentine dan santo Marius yaitu berupa hukuman mati.
Setelah kematian Santo Valentine dan Santo Marius, orang-orang selalu mengingat kedua santo tersebut dan merayakannya sebagai bentuk ekspresi cinta kasih Valentine, dua-ratus tahun kemudian yaitu tahun 496 Masehi setelah kematian Santo Valentine dan Santo Marius, Paus Galasius meresmikan tanggal 14 Pebruari 496 sebagai hari Velentine.
    Itulah sejarah hari Valentine yang ternyata untuk mengenang dan memperingati dua orang suci Kristen Katolik yang mengorbankan jiwanya demi kasih sayang. dengan mengetahui sedikit sejarah tentang hari valentine apakah itu berarti hari valentine hanya bisa dirayakan oleh ummat kristiani saja? bagaimana dengan masyarakat indonesia non kristiani yang jika datang hari valentine begitu antusias menyambutnya? apakah mereka memang tidak tahu sejarah tentang hari valentine? ataukah mereka merayakannya hanya sekedar supaya bisa dikatakan orang gaul yang mengikuti trend?
    Melihat sejarah dari hari valentine banyak yang pro dan kontra mengenai perayaan hari valentine itu sendiri namun menurut saya hari valentine merupakan hari kasih sayang yang tidak berbeda dari hari Ibu, hari sumpah pemuda, hari anak nasional ataupun hari-hari selain hari besar ke agamaan yang telah di tetapkan tanggalnya.
Bagi teman-teman yang sempat membaca artikel ini dengan ketulusan hati saya mengucapkan selamat hari kasih sayang semoga kasih sayang tidak cuman di amalkan di hari valentine ini namun semoga bisa di amalkan selalu setiap harinya, amien..😀

Komentar»

1. friendzofgod - +0000k292008bUTCThu, 14 Feb 2008 01:48:41 +0000 18, 2007

Hmm, ini versi laen lagi dari sejarah Valentine, yang pernah gua denger laen.🙂 but anyway Thx !

hehehehehehehe… emang sih, sejarah valentine mepunyai story yang berbeda-beda, tinggal dipilih aja yang mana ceritanya menarik untuk disimak, klo sejarah valentine versi friendzofgod gimana sich? bisa diceritain nggak?? biar wawasan kita lebih luas mengenai asalmuasal valentine.😀

2. boedy_p77 - +0000k292008bUTCThu, 14 Feb 2008 05:04:23 +0000 18, 2007

Saya rasa anda betul untuk menelusuri sejarah hari valentine & apa
yang saudara paparkan adalah benar,begitulah sejarahnya hari Va-
lentine.Saya salut & berterimakasih pada anda yang sudah menje-
laskannya. Tapi sayang banyak orang yang tidak tahu sejarah hari
Valentine,mengatakannya dengan pikiran yang salah/negatif sebab
mereka mencari informasi dari sumber yang keliru.Nah,termasuk di
dalamnya adalah MUI yang betul-betul tidak tahu sejarah hari Va –
lentine,melalui salah seorang pengurusnya (Qurais Sihab) mengata –
kan bahwa hari Valentine sebagai hari berzinahnya orang-orang
yang bukan mukrimnya.Nah,dengan berdasarkan tinjauan seperti
ini,mereka lalu menyampaikan Fatwa bahwa Hari Valentine haram
hukumnya bagi umat Islam untuk merayakannya.Saya sangat me –
nyayangkan sikap dari MUI itu, sebab dari sumber informasi sejarah
nya sudah salah ,apalagi nanti hasil putusannya(Fatwa).Saya kuwatir
nanti penilaian orang banyak juga akan salah alias keliru.Mereka a-
kan dengan sangat tendensius berpikiran Negatif alias Fikiran Kotor
(FIKTOR) tentang perayaan hari Valentine .Saya harap warga Indo –
nesia lebih dewasa berpikirnya tentang hal ini ,dari pada sikap & pikiran MUI sendiri.Menurut saya orang lain pun boleh merayakan
hari Valentine tidak ada paksaan,mau rayakan atau tidak itukan Hak
semua orang,sebab Hari Kasih Sayang (Valentine) bermakna UNI –
VERSAL,tidak harus kita memberikan kasih sayang/perhatian kepa –
da orang istimewa(pacar/kekasih) saja,tetapi kasih sayang & perha-
tian dapat kita berikan pada semua orang,terlebih-lebih orang mis-
kin atau orang papa agar mereka dapat menikmati hidupnya secara
manusiawi sehingga mereka pun dapat menabur benih-benih KASIH
ke seluruh dunia & dapat membangun dunia ini ke arah yang lebih
baik dengan tanpa adanya pikiran/sikap kebencian seperti sikap
MUI ini. Jadilah manusia dengan sikap seutuhnya (manusiawi) ,bukan
dengan sikap binatang,sebab binatang tidak mengenal kemanu –
siaan dan kedewasaan dalam berpikir.Itulah komentar saya ,bagi
saudara yang membaca tulisan ini dan tidak suka dengan apa yang
saya tulis mohon bersikaplah secara arif & bijaksana (dewasa), se –
bab anda kan Manusia bukan BINATANG!!!!!!!!!!!????????
SELAMAT HARI VALANTINE/having Valantine Day

Jika anda ingin kontak saya :
email : boedy_p77@yahoo.com

makasih boedy dah menyempatkan diri untuk mengisi koment yang segitu panjangnya… 🙂
disemua aspek kehidupan pasti ada yang pro dan kontra, kita kembalikan ke individu masing-masing.. dan untuk MUI menurut saya dia tidak punya hak untuk mengeluarkan fatwa demikian, pertanyaannya apakah fatwa haram yang di keluarkan oleh MUI sudah disetujui dan disahkan oleh allah?

3. Balisugar - +0000k292008bUTCThu, 14 Feb 2008 22:34:22 +0000 18, 2007

Halo teman…kalau aku sih sudah tua anak banyak. Gak

Valentine, gak pernah kuper banget dah, tapi dapet coklat

dari teman-teman lumayan…kuucapkan met Valentine

buatmu salam

halo juga mba’ yang manis..

kekuperan seseorang tidak bisa di takar dari pernah atau nggak pernahnya dia ngerayain valentine, tapi bisa diukur dari intelektual, pendidikan dan sering tidaknya dia jalan2 keluar negri khususnya australia 😀

met valentine juga yah….

nice to meet you ^_^

4. Balisugar - +0000k292008bUTCThu, 14 Feb 2008 23:09:46 +0000 18, 2007

Ngomong-ngomong tukar link dunk ! aku dah link kamu di

kategori teman

wah…. senangnya linkku dimasukin ke blognya mba’ hatur nuhun bangetttttttt 🙂

linknya mba’ udah aq masukin di my friendku tapi nama linknya aku masih bingung mau naruh apa jadi aku masukin aja balisugar kalau kurang sreg di konfirmasi yah? ntar aku edit deh🙂

5. zoel - +0000k292008bUTCFri, 15 Feb 2008 00:55:43 +0000 18, 2007

aLe….
kmu ga nyebar bunga mawar sbg tanda kasih sayang? hehehe….
anwy met v’day

eh, aq ambil link-mu ini ya buat referensi, aku nulis ttg valentine dari sisi sosial & menurut pendapatku pribadi

ok
C.U
(ga pernah ol neh anak, sibuk ya?😀 )

zoel…

gw nggak nyebar mawar di hari valentine, tapi cuman nyebar pesona aja zoel.
BTW met valentine juga zoel..

ambil linkku?? sok atuh zoell, ambil.. ambil.. ambill mumpung gratis (asli gw jadi terharu)

ok

C.U too

(nih lagi online, ngobrol2 panjang lagi ma lo zoel😛 )

6. “Haram”nya Sebuah “Kasih Sayang” « zoel. - +0000k292008bUTCFri, 15 Feb 2008 00:57:10 +0000 18, 2007

[…] Sebuah “Kasih Sayang” Hari Valentine, 14 Februari (kemarin) aku sempat keliling-keliling kota Malang dan menjumpai pemandangan yang […]

7. Balisugar - +0000k292008bUTCSat, 16 Feb 2008 22:46:01 +0000 18, 2007

Hihi…namaku Reni tapi kau boleh panggil apa aja…

Asal jangan mas kayak orang-orang

oww Reni.. namanya cantik sama kayak orangnya😛

oke deh mas reni.. opss mba’ reni maksudnah, dari bali sugaraku ganti jadi reni..

good luck yah reni..

8. niz - +0000k292008bUTCThu, 28 Feb 2008 06:16:40 +0000 18, 2007

btw knp orang umat muslim mrayakan hari valentine??????????
walaupun cuma iseng2………..
kasih coklat/bunga lah atau yg lain……….
mgkn bkn mrayakan namanya……………

9. someone - +0000k292008bUTCThu, 28 Feb 2008 06:17:56 +0000 18, 2007

sbnrnya perasaan km apa sih????????????/

10. alearch - +0000k312008bUTCSat, 01 Mar 2008 10:41:10 +0000 18, 2007

@niz

ummat muslim merayakan valentine? saya rasa merupakan hal yg wajar karena valentine bukanlah hari besar salah satu agama tertentu,karena valentine menurut saya (ummat muslim) adalah simbol/moment kasih sayang yg kebetulan asal mulanya dari umat katolik.🙂

@sameone

perasaanku mengenai valentine yah? perasaanku biasa-biasa aja, sama dengan perasaanku dalam merayakan hari ibu, hari sumpah pemuda dan lain-lain selain hari besar agama tentunya.🙂

11. hamba-NYA - +0000k282009bUTCSat, 07 Feb 2009 17:17:58 +0000 18, 2007

hai bung,,,, fatwa MUI it emang benar apa adanya. sebab hari kasih sayang itu bukan valentine… n semua hari adalah hari kasih sayang.
Nabi Muhammad SAW bersabda, yang intinya begini:barangsiapa suatu kaum mengkuti adat kebiasaan suatu kaum maka mereka termasuk kaum itu.
hari valentin merupakan kebiasaan orang-orang yahudi atau bertentangan dengan umat islam.. ini termasuk BID’AH!

12. adhea - +0000k282010bUTCWed, 10 Feb 2010 11:50:15 +0000 18, 2007

valentine

Seindah mawar semanis madu dan sebening embun, tak kuasa hati meluapkan rasa sayang yang tulus terpancar di dalam lubuk hati yang paling terdalam, Bagaikan mutiara putih suci nan elok rupawan bila kita ingin meluapkan rasa sayang pada kekasih di hari valentine ini,,..

Begitulah rasanya jatuh cinta ribuan kata sayang di ucapkan di hari indah valentine ini, Semua orang merasakan kebahagian bersama kekasih ataupun berkumpul bersama teman-teman,..

di sini adhea ingin memberikan ucapan selamat valentine pada kalian semua,,..dan khususnya yang masih pada jomblo ni jangan bersedih hati karena adhea yakin kalian nanti bakalan dapat kok jodoh yang sesuai keinginan kalian..amien doa adhea menyertai semua..

Sekian dulu dari adhea terimakasih ya..

* Layanan pasang iklan gratis
dan berbayar —>http://diskusingeblog.blogspot.com/

*Informasi Lebih jelas —>http://www.facebook.com/group.php?v=info&gid=267389119931

13. sutini11 - +0000k282015bUTCFri, 13 Feb 2015 21:51:57 +0000 18, 2007

hari valentine itu gak haram, sebagai orang indonesia tentu ada batas-batas nya, kita ambil sisi baiknya kita jauh i yg gak baik. tukar kado, kasih coklat, kasih bunga malah bisa membuat seseorang bersemangat bahwa masih ada orang yang memperhatikannya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: